Kategori Berita

Lomba PHBS Tingkat Kelurahan Sumur Pacing, Pemenang Lomba Dibekali Sapu Lidi dan Tudung

image

KOTA TANGERANG,(RT)—Kelurahan Sumur Pacing menyelenggarakan lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) antar Rukun Tetangga (RT). Perlombaan mengenai sadar tentang kebersihan itu, para pemenang lomba diberikan sapu lidi dan tudung, serta uang tunai.

"Saya harap kegiatan ini bukan hanya ceremonial. Dengan diberikannya sapu lidi dan tudung merupakan simbolisme keteduhan, harus kita bangun dan harus bersih - bersih. Bersih bukan hanya untuk lingkungan saja, melainkan juga bersih lahir batinnya," ujar Lurah Sumur Pacing Sumangku Getar saat ditemui di kegiatan Grand Sumping Award, Sabtu (15/4/2018).

Dijelaskan Sumangku, Grand Sumping Award yang digelar di RW 04 yang diikuti oleh 9 RT. Kata Lurah, terdapat beberapa RT yang saat ini masih dalam tahap perubahan.

"Sebenarnya Untuk di RW 04 terdiri dari 16 RT. Namun dalam Grand Sumping Award hanya 9 RT yang kita ikut sertakan, pasalnya yang lain masih dalam proses, belum ada gerakan kebangkitan," jelasnya.
KOTA TANGERANGLanjut Lurah, Grand Sumping Award merupakan Satu kajian dan pemikiran. Kata Lurah, sayang apabila kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat tanpa dikawal, tanpa ada Satu metode bagaimana rakyat terbangun untuk melakukan nilai - nilai kemaslahatan.

"Selain itu saya gelar Grand Sumping Award ini juga mudah - mudahan membawa langkah positif, jadi energi baru bagi masyarakat. Ini kita start memang dari RW 04 karena RW ini merupakan RW binaan dalam PHBS," imbuh Sumangku.

Menurutnya, lomba PHBS tingkat Kelurahan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Sumur Pacing merupakan Kelurahan pertama yg menggelar perlombaan tersebut di Kota Tangerang.

"Yang saya harapkan ini bisa menjadi suatu langkah bagi Lurah - Lurah yang lain, dan temen - temen yang lain. Bahwa PHBS tidak hanya di tingkat Kota, tapi terberangkat dari tingkat kawan - kawan ke bawah," tutupnya.

Ditempat yang sama, Camat Karawaci Suli Rosadi saat temui mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi perlombaan kampung PHBS tigkat Kelurahan yang diselenggarakan oleh aparatur Kelurahan Sumur Pacing. 

KOTA TANGERANGMenurutnya, perlombaan tersebut merupakan gerakan moral, gerakan dalam rangka perubahan perilaku masyarakat. Dimana masyarakat dituntut untuk lebih bisa memiliki niat untuk merubah lingkungan menjadi lebih baik.

"Jadi ini adalah konsep yang memang bisa kita wujudkan yang akhirnya adalah mempersatukan masyarakat. Seringkali kita dengar, mari kita menjaga persatuan dan kesatuan wujudnya kampung PHBS," ujarnya.

Camat Suli menambahkan, dengan keinginan dan harapan yang sama semua dapat menjadi Satu, semua bersama - sama bergerak. Kata Camat, barangkali warga tadinya tidak pernah menyapa tetangga kiri dan kanan, menjadi lebih akrab.

"Jadi dengan gerakan kampung PHBS, masyarakat Satu sama lain dapat saling mengenal, saling menyapa, tolong menolong. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat Pancasila yaitu menjaga keutuhan NKRI, itu yang paling penting," tutupnya.(ARD)

Sun, 15 Apr 2018 @23:37

Copyright © 2018 WWW.REPORTASETANGERANG.COM · All Rights Reserved