Kategori Berita

Kampung PHBS Kelurahan Pasar Baru, Manjakan Bola Mata Tim Penilai

image

KOTA TANGERANG,(RT)—kampung Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) Rukun Warga (RW) 02, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci  berhasil memanjakan penglihatan tim penilai PHBS tingkat kota Tangerang. Hal itu diketahui ketika ketua tim penilai PHBS, Ani Dadi Budaeri bersama tim menyambangi lokasi tersebut, Kamis (1/2/2018).


"Pertama saya masuk pintu gerbang RW 2 itu sudah cukup hijau dan bersih. Sepanjang saya jalan mulai dari RT pertama dan kedua, pandangan saya seperti dimanjakan dengan melihat penghijauan yang benar - benar hijau. Hal itu, membuat saya nyaman," ujar ketua tim penilai kampung PHBS tingkat kota Tangerang, Ani Dadi Budaeri.


Penilaian positif yang terus dituturkannya kata Ani, bukanlah rekayasa. Namun, perkataan yang sesuai dengan nyata apa adanya. "Saya berbicara terkait indahnya penghijauan tersebut tidak di rekayasa harus bilang seperti ini. Tapi, memang kenyataannya sepanjang jalan yang saya lewati itu sudah mencerminkan lingkungan yang berbasis PHBS," ungkapnya.


Dijelaskan Ani, kampung yang telah mencerminkan lingkungan berbasis PHBS yaitu diantaranya bersih, hijau, dinding rumah warga penuh dengan tanaman, terdapat pojok rokok, dan tempat cuci tangan.


"Saya sangat mengapresiasi warga lingkungan RW 2. Karena jika warga tidak terlibat, maka tidak akan terwujud kampung hijau dan bersih ini. Hal itu, di karenakan warga siaga di setiap hari dan dapat mengetahui tanaman yang belum tersiram, dan juga mengetahui ketika ada sampah yang tidak pada tempatnya," jelasnya.


Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Karawaci Yuli Rosidah mengatakan, untuk diwilayah Kecamatan Karawaci terdapat 10 Kelurahan yang mengikuti kegiatan penilaian PHBS. Dari 10 Kelurahan Kata Yuli, terdapat 14 RW.


"Penilaian PHBS ini, terdapat Kelurahan yang mengikuti penilaian PHBS di 2 RW, yaitu Kelurahan Pasar Baru, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Pabuaran Tumpeng, dan Kelurahan Karawaci," terangnya.


Sementara, Lurah Pasar Baru Yudi Pradana mengatakan, adanya program PHBS masyarakat Kelurahan Pasar Baru dapat merubah pola hidup, dari yang belum sehat menjadi sehat, dari yang sudah sehat menjadi lebih sehat.

 

"Terutama masalah kebersihan dan kesehatan, baik itu di rumah sendiri maupun di lingkungan sekitar rumahnya,” ujarnya.

 

Lanjut Yudi, pola hidup sehat harus diterapkan sehari-hari, sedangkan PHBS itu sendiri sebagai wadah motivasi dan contoh yang diberikan Pemerintah Kota Tangerang untuk masyarakat.

 

"Perubahan itu dasarnya dari diri sendiri, maka pemerintah membuat program PHBS itu untuk membantu dan memotivasi masyarakat agar mau merubah pola hidupnya,” tutupnya.(ard)

Thu, 1 Feb 2018 @23:32

Berita Terbaru
JASA KONSULTAN SKRIPSI

JASA KONSULTAN SKRIPSI

JASA PEMBUATAN SKRIPSI

Melayani Pembuatan Skripsi

SLINK
Copyright © 2018 WWW.REPORTASETANGERANG.COM · All Rights Reserved