Kategori Berita

Bareskrim Polri Grebek Gudang Gas Oplosan Di Tangerang

image

KOTA TANGERANG,RT-Bareskrim Polri menggrebek pabrik gas oplosan di wilayah Kelurahan Neroktog, Kecamatan Punang, Kota Tangerang, Kamis (11/1/2018). Sebanyak 4200 tabung gas mulai dari 3 kilogram hingga 50 kilogram berhasil diamankan.

“Penggerebekan tersebut dilakukan pada Kamis kemaren pada 11 Januari 2018. Satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka yaitu Franky alias F,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Setyo Wasisto  kepada wartawan saat menggelar press realese di lokasi pengoplosan gas, Jumat (12/1/2018).

Ia menjelaskan, tersangka merupakan pemilik dari pabrik gas oplosan. Modus yang digunakan tersangka dalam menjalankan bisnis culasnya adalah dengan menyuntik empat tabung gas 3 kg ke satu tabung gas 12 kg.

“Jadi empat tabung gas melon (3 kg) ini untuk mengisi tabung 12 kg, sangat berbahaya ini,” katanya.

Tersangka dan puluhan pekerjanya, lanjut Setyo, mengoplos gas dengan cara menyuntik dari tabung gas pertama ke tabung gas yang lain. Tabung gas kosong yang akan dioplos direndam ke dalam air dingin kemudian diberikan es batu.

“Dari tabung melon ini disambung dengan pipa, mereka menggunakan perbedaan suhu tabung. Kalau tabungnya lebih dingin dia nyedot. Kalau suhu yang lebih panas, gasnya akan mengalir ke suhu yang lebih dingin,” terang Setyo.

Dari penggerebekan tersebut, penyidik mengamankan barang bukti 25 unit mobil bak berisi tabung yang telah disuntik.
“Berkisar 4.200 tabung gas melon 3 kg, 396 tabung gas 12 kg dan 110 tabung gas 50 kg,”pungkasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-undang No 8/1999 Tentang perlindungan konsumen dan Undang-undang No 22/2001 tentang Minyak dan Gas dengan ancaman pidana maksimal di atas lima tahun kurungan penjara dan denda Rp 2 miliar.(ARD)

Fri, 12 Jan 2018 @12:38

Copyright © 2018 WWW.REPORTASETANGERANG.COM · All Rights Reserved